Selasa, 17 Januari 2012

Menikmati Pesona Air Terjun Sipiso-piso

Kompas / Klasika Selasa, 17 Januari 2012, Hal. 41


LINTAS UDARA | Karo




Air terjun selalu mampu memberikan sensai tersendiri bagi para pengunjungnya. Entah lantaran deru suaranya ataupun suasana yang ditawarkannya. Dari sekian banyak air terjun di Indonesia, ada satu yang menyimpan pesona alam luar biasa, Air Terjun Sipiso-piso.

Terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, air terjun ini sudah menawarkan pesona alam yang luar biasa sejak Anda menjejakkan kaki di Desa Tongging, tempat Air Terjun Sipiso-piso berada. Secara geografis, Desa Tongging berada di dataran lebih rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang lebih tinggi dari Desa Tonggin dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Di sana, Anda akan disuguhi pemandangan indah khas Tanah karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran Air Terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula Anda dapat menyaksikan keindahan lanskap Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia.

Usai menyusuri anak tangga, Anda kembali disuguhi pemandangan yang luar biasa dengan tingginya bukit-bukit yang mengitari dibarengi gemuruh suara percikan butiran air yang memantul dari titik jatuhya air. Maklum, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter sebelum mengalir ke Danau Toba sehingga banyak orang yang pernah berkunjung ke tempat ini mengatakan besaran butiran percikan air jatuh di Sipiso-piso lebih besar dari Air Terjun Sigura-gura.

Tak heran bila air terjun ini dinamakan Sipiso-piso yang berasal dari kata piso yang artinya pisau. Derasnya air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas 100 meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya pisau dari Tanah Karo.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sipiso-piso ini, dari Medan Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan menggunakan mobil atau bus. [AYA]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar